25 Tahun Radiasi

Posting ini adalah unik tanpa berlebihan apapun. Kisah ini diceritakan oleh seorang pria yang berpartisipasi dalam likuidasi konsekuensi dari bencana Chernobyl.Namanya Alexander dan ia tiba di Chernobyl di pertengahan Agustus tahun 1986 …
Pada waktu itu reaktor sudah “tenang”. Ancaman ledakan nuklir dikesampingkan, ancaman ledakan termal sangat minim, emisi tidak hadir.
Pekerjaan yang paling berbahaya sudah dilakukan oleh likuidator. Anda dapat melihat ledakan truk-mount pompa beton (maka mesin yang sangat langka di Uni Soviet) dan garis pompa beton di foto. Antara mereka adalah sebuah bilik putih dimana operator yang terlindung. Stan terbuat dari timah melemah tingkat radiasi.
Operator akan pahlawan, entah karena kecerobohan atau kebodohan. Mereka dibayar dengan upah 5 kali lebih tinggi dan menjanjikan “Zhiguli” tanpa berdiri di antrian. Tetapi sangat sedikit dari mereka tampaknya telah berhasil mendapatkan mobil ini …
Tingkat radiasi di tempat seorang fotografer adalah 2 r / jam, di tempat operator – setidaknya 20 r / h. Ini berarti sudah aman untuk bekerja di sini hanya untuk satu jam yang sebenarnya tidak mungkin dalam keadaan seperti itu.
Selain itu, orang-orang Rusia mengejar uang yang besar dan “Zhiguli” kiri dosimeter mereka berada di “area bersih” sehingga mereka tidak akan dikirim jauh dari “daerah panas” sebelum waktunya. Itulah paradoks dari Uni Soviet – yang “Zhiguli” pada biaya hidup.
Para likuidator di overall hitam dan topi putih turun tangga. Kemungkinan bahwa mereka sekarang sudah sangat tinggi …
Sarkofagus. Itu heroik dibangun untuk melindungi terhadap rilis baru. Banyak uang dan kesehatan dibuang.
Ada dua sudut pandang mengenai hal ini. Yang pertama satu: sekitar 194 ton fuel (dari 200 ton)  itu ditinggalkan di reruntuhan PLTN, dan sarkofagus benar-benar diperlukan. Dan yang kedua satu: pada saat bangunan semua bahan bakar sudah terbakar habis, itu berarti perlindungan seperti itu tidak diperlukan. Pendapat terakhir telah diungkapkan di majalah “Youth” pada 20 tahun kecelakaan. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi dari salah satu dosimetrists.
Jika titik pandang kedua adalah benar maka seluruh strategi likuidasi adalah salah serta keputusan hari ini pada konstruksi lain sarkofagus atas yang lama.
Karung tembakan timah banyak digunakan pada awal Mei.
Lead dikumpulkan seluruh negeri (kebanyakan dalam masyarakat berburu) dan turun dari helikopter langsung ke keruntuhan. Tujuannya adalah untuk memblokir emisi. Tapi … mengumpulkan gas dan peningkatan suhu mengakibatkan emisi termal tambahan dengan tekanan bahkan lebih. Kemudian ia memutuskan untuk berhenti melakukan hal ini.
Jamur. Ketika rasa takut pertama hampir habis, muncul keinginan untuk mengambil jamur dan apel. Pada waktu itu ada sudah ada beberapa perangkat asing baik memungkinkan untuk mengukur tingkat kontaminasi radioaktif dengan tidak sinar gamma saja, tetapi beta dan alpha.
Pengukuran jamur menunjukkan tingkat radiasi mereka kecil. Jadi mereka dicuci dan digoreng. Ketika bau mereka bergema di asrama pekerja semua orang (bahkan yang paling bertakwa) datang ke dapur. Dua tas besar CEPS dimakan pada suatu waktu.Sejak itu tidak ada yang telah diizinkan untuk menjemput mereka lagi …
Rasa ingin tahu. Alexander ingin mengambil foto reaktor dari atas. Jadi dia pergi ke bandara, memasuki trailer dan melihat pilot helikopter beberapa duduk di sana. “Siapa kau?” – Mereka bertanya. “I’ma fotografer, aku ingin menembak reaktor dari atas”.”Apakah kau gila? Kami dipaksa untuk pergi ke sana, dan anda ingin sendiri!? Lebih baik mengambil gambar dari kita, kita tidak memiliki gambar dari perjalanan ini sama sekali “Setelah Alexander telah menembak mereka dan berjanji akan membawa foto-foto hari berikutnya mereka berkata” Ok, kami akan membawa Anda dalam perjalanan di atas reaktor besok.. “
Tapi Alexander tidak bisa datang kembali keesokan harinya saat ia sedang bertugas.Ketika ia kembali dua hari kemudian, ia bisa melihat helikopter, maupun orang-orang itu … “Ke mana mereka?” – Ia bertanya. Ternyata bahwa mereka telah jatuh sehari sebelumnya. Semuanya hidup berada di unit medis.
Alexander tidak percaya nasib baik. Dia bisa terbang bersama mereka hari itu … Anyway, sejak saat itu ia kehilangan minatnya pada terbang.
Kedokteran. Ada seorang dokter dan paramedis untuk setiap 50 pekerja. Yang terakhir harus melewati pemeriksaan medis sebelum datang ke sini. Darah diambil dua kali sebulan, semua orang diberikan yodium dan multivitamin. Air untuk dapur dibawa dalam stoples dari daerah yang bersih. Botol “Yessentuki” dan “Borjomi” (air mineral) digunakan untuk minum.
Perlindungan dari radiasi. Ada posting di pintu masuk ke asrama di mana setiap orang adalah “mengendus”, yang “kotor” yang dikirim “untuk memiliki mencuci”.Perlindungan utama: respirator, perubahan setiap hari baju (kemeja dan celana), sebuah mencuci setiap hari (dekontaminasi), “sniffing” dari jaket dan celana.Dekontaminasi fasilitas (mencuci dengan sabun dan air). Dorm jendela ditutup, udara dipasok melalui barel 100 liter yang berfungsi sebagai filter.
Radiasi perangkat survei. Satu-satunya yang digunakan – the-DP 5. Itu muncul keluar dari mobil dan helikopter. Pembacaan dengan cepat tertulis di atas kertas. Semua waktu mereka campur aduk. Kelompok dosimetrists dari departemen berbeda yang dikirim ke sini – dan bacaan yang rata-rata!
Yang lebih beberapa foto. Alexander hanya 30 tahun pada waktu itu. Dia tertarik pada fotografi … Beberapa tembakannya bahkan diberikan pada beberapa acara.
Pada peringatan 25 kecelakaan Alexander dikirim hadiah: termos, sebotol vodka dan doa dari Sesepuh Optina.
1986. Obat untuk radiasi. 25 tahun.

Sumber : englishrussia.com

Published by

unehunikdananeh

Cari semua yang Uneh di sini...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s